Cara mengetahui penyebab darah kental

 

 

Darah kental atau nama lain dari trombofilia dan bisa disebut dengan hiperkoagulasi adalah sejenis penyakit pembekuan darah. Penderita lebih mudah mengalami pembekuan darah yang dinamakan trombosis. Penderita dapat mengalami trombosis karena faktor keturunan. Terkadang penyakit tersebut dapat berakibat memiliki kondisi yang cukup serius dan dapat mengancam nyawa pada penderita. Tidak ada kejelasan mengenai penyakit trombofilia ini. Adanya keadaan dapat ditemukan di semua usia dan jenis kelamin, penyebabnya ada beragam dan akan sulit di temukan. Adanya penyakit ini timbul  menjadi pemicu untuk jenis penyakit lainnya, yang kemungkinan menjadi sebab karena penyakit bawaan dari anggota keluarga yang mempunyai darah menggumpal sejak awal.

Adapun menggumpalnya darah yang melibatkan trombosit serta protein   disebut faktor pembekuan darah. Pada saat keadaan menjadi normal, akan ada gumpalan darah dapat terjadi ketika tubuh mengalami luka. Sesudah proses penyembuhan luka akhirnya gumpalan darah yang sudah terbentuk lama kelamaan akan hilang. Namun, gumpalan darah ini dapat terjadi kapan saja tidak harus anggota tubuh mengalami luka. Beberapa orang lebih berisiko mengalami Darah kental, meliputi:

  1. Faktor keturunan (genetik), seseorang dapat mengalami darah kental karena bersifat dari riwayat keluarga yang pernah mengalami tingkat resiko kebanyakan. Dari penyakit yang turun-menurun dan diwariskan kepada anak-anaknya sehingga faktor keturunan dapat secara terus menerus terjadi. Dan satu-satunya cara dengan konsultasi ke dokter agar segera di tangani penggumpalan darah tersebut.
  2. Obat-obatan, pada dasarnya obat dapat menyembuhkan berbagai penyakit tetapi ada yang berpengaruh besar sehingga mampu dan menjadi resiko bagi penderita Darah kental seperti obat hormonal, pil KB, tamoxifen, dan heparin. Jadi untuk selanjutnya lebih teliti dalam penggunaan dan konsultasikan kepada dokter ketika ada gejala yang mempengaruhi tubuh.
  3. Gumpalan kolesterol dalam darah, menjadi faktor yang memicu darah kental yang dapat mengumpal kolesterol di pembuluh darah yang mengakibatkan tingginya kadar kolesterol dalam darah penderita. Berikutnya akan ada pengecekan dari pihak pemeriksa untuk di tangani lebih lanjut
  4. Memiliki penyakit kanker, diabetes, radang pembuluh darah, dan penyakit jantung. Beberapa penyakit yang memiliki resiko darah menggumpal lebih cepat karena ada pemicu di setiap penyakit lain.
  5. Mengalami cedera, misalnya patah tulang di kaki, cedera pada tulang akan menghentikan darah mengalir dan lama kelamaan akan terjadi Darah kental sehingga membutuhkan waktu untuk segera pulih.
  6. Obesitas, kelebihan berat badan yang mana lemak bertambah dan menjadikan tubuh tampak subur. Makan dengan porsi banyak cukup menimbun minyak dalam tubuh sehingga dapat memberikan pengaruh pada organ lain. Untuk darah kental bisa saja ini termasuk risiko yang harus di tanggung penderita supaya menghentikan pola makan yang tidak sehat.
  7. Gaya hidup tidak sehat, merupakan salah satu risiko yang banyak dialami beberapa penyakit serius. Apabila tidak di tangani dengan baik maka akan berdampak buruk dan dapat menimbulkan beberapa masalah di anggota tubuh lain. Pola makan sehat seperti: minum air putih, olahraga, makan makanan bergizi yang mengandung protein, kabohidrat yang mencukupi dan sayuran juga buah-buahan.
READ  Pencegahan dari infeksi cytomegalovirus

Adapun beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko darah kenal, seperti berbaring lama setelah operasi, berusia lanjut, dan wanita hamil.Jika sudah terjadinya sumbatan pada aliran darah, Darah kental yang menggumpal dapat memberikan penyebab atas munculnya masalah kesehatan yang lain. Keadaan ini daoat dideteksi sejak awal agar segera di tangani.

 

Referensi :

alodokter.com

halodoc.com

hellosehat.com

 

Referensi gambar:

kompasiana.com