Pengertian dan pencegahan pada darah kental

 

 

Darah kental atau trombofilia  dan bisa disebut dengan hiperkoagulasi adalah sejenis penyakit dengan pembekuan darah. Penderita lebih mudah mengalami pembekuan darah yang dinamakan trombosis. Penderita dapat mengalami trombosis karena faktor keturunan. Terkadang penyakit tersebut dapat berakibat mempunyai kondisi yang cukup serius dan dapat mengancam nyawa pada penderita. Tidak ada kejelasan mengenai penyakit trombofilia ini. Adanya keadaan dapat ditemukan di semua usia dan jenis kelamin, penyebabnya ada beragam dan Akan sulit ditentukan. Adanya penyakit ini timbul  menjadi pemicu untuk jenis penyakit lainnya, yang kemungkinan menjadi sebab karena bawaan dari riwayat keluarga.

Terjadi banyak gangguan yang dapat terjadi yang diakibatkan Darah kental, lebih baik jika dapat mencegah sejak dini. Pada tingkat risikonya, adapun beberapa cara yang dapat mencegah darah menggumpal, yaitu:

  1. Hindari duduk lama, duduk di posisi yang sama pada duduk ataupun berbaring dalam waktu lama dapat menjadi penyebab darah menggumpal. Terjadinya pembekuan yang menyebabkan Darah kental biasanya akan terbentuk pada tungkai, kemudian dapat menyebar ke anggota tubuh yang lain dan bisa menyebabkan sumbatan di pembuluh darah di anggota tubuh tersebut. Agar dapat menghindari pergerakan di bagian peregangan saat satu hingga dua jam.
  2. Minum air putih, dehidrasi bisa menyebabkan pembuluh darah menyempit dan darah dapat menggumpal, sehingga mendapatkan risiko lebih cepat darah menggumpal. Karena itu, cukupkan air putih dalam tubuh kurang lebih sekitar 8 gelas atau sekitar 2 liter untuk penggunaan setiap harinya.
  3. Gaya hidup yang sehat, perubahan waktu ke waktu untuk gaya hidup untuk menjadi lebih sehat, seperti makan-makanan yang sehat, menghilangkan berat badan berlebih, berolahraga, minum air putih lebih banyak, menghindari alkohol dan rokok agar risiko terjadi gumpalan darah yang menjadi Darah kental bisa dicegah sebelumnya. Pada tahap pencegahan darah kental yang menggumpal, penderita disarakan agar selalu memakan makanan yang mengandung omega-3, buah-buahan, sayuran, dan makanan yang  mengandung vitamin E. Untuk itu upayakan pola hidup sehat agar mampu memberika asupan pada tubuh dan mencukupi nutrisinya agar tidak menimbulkan beragam penyakit
  4. Terapi obat-obatan, apabila diperlukan, dokter dapat memberikan saran agar penderita bisa mengonsumsi obat pengencer darah. Obat-obatan yang mampu membuat darah menjadi normal apabila terus menerus menggumpal maka risiko yang terjadi bisa menyebabkan penyakit, seperti jantung dan stroke. Obat pengecer hanya akan di akan diberikan pada orang yang mengalami operasi atau wanita hamil yang dapat berisiko Darah kental.
  5. Mengenakan stocking kompresi, dokter dapat menyarankan penderita untuk menggunakan stocking khusus agar dapat memperlancar aliran darah pada tungkai. Stocking ini umumnya dapat digunakan orang yang sedang berada pada perawatan di rumah sakit dalam jangka waktu lama, juga bepergian menggunakam pesawat terbang jangka waktu yang lama, atau pun wanita hamil.Penderita yang mempunyai penyakit diabetes, deep vein thrombosis, dan varises juga biasanya akan disarankan dokter agar menggunakan stocking ini
READ  Cara mengetahui penyebab darah kental

Jika penderita mempunyai risiko Darah kental, maka sebera lakukan pemeriksaan kesehatan atau check up secara teratur agar tidak menimbulkan masalah lain dan agar supaya lekas ditangani oleh tim dokter. Cara agar dapat mengetahui tentang kesehatan penderita, maka dokter akan segera memeriksa secara fisik dan tes lain untuk meminimalisir pencegahan secara dini untuk kondisi kesehatan agar membaik pada Darah kental akan di butuhkan untuk memperbaiki kondisi tersebut.

Referensi

alodokter.com

halodoc.com

hellosehat.com

Referensi gambar:

intisari.grid.id