Pengobatan degenerasi makula yang harus di ketahui

 

 

Degenerasi Makula dengan nama lain Age-related macular degeneration adalah kerusakan yang berada pada titik kecil di dekat pusat retina dan pada bagian mata yang dibutuhkan penglihatan sentral secara tajam, kemungkinan untuk  melihat benda yang lurus. Umumnya dapat terjadi ini semua memiliki sebab yang paling utama hilangnya penglihatan di usia 50 tahun lebih. Hal tersebut dapat  berkembang dengan sangat lambat hingga  dapat memberikan  penglihatan yang kurang kemungkinan besar terjadi dalam kurun waktu yang lama. Pada  perkembangan lebih cepat yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan pada salah satu maupun kedua mata. Ketika ingin melihat seperti ada bagian buram dekat satu titik penglihatan yang memungkinkan inilah gejala umum dari Degenerasi Makula. Dengan kata lain dapat memperburuk cara pandang yang kini dapat menyebabkan kebutaan secara total. Kehilangan penglihatan sentral pada akan mengganggu aktifitas secara  harian walaupun itu sangat sederhana, berupa kemampuan melihat wajah, membaca, menulis, atau memasak atau memperbaiki barang rusak di sekeliling  rumah.

READ  Pengertian dan pencegahan pada darah kental

Sebagian besar penderita tidak memiliki gejala yang sama. Namun, ada beberapa penderita yang dapat mengalami gejala pada saat kehilangan penglihatan kemungkinan lebih lambat jika dibandingkan dengan penglihatan orang lain. Penyakit mata yang ada pada titik fokus seperti dianggapnya progresif dan umumnya lama kelamaan akan memiliki kondisi yang memburuk. Dapat diketahui adanya penderita tersebut sebelum akhirnya memiliki gejala penyakit mata. Kerusakan yang menjadi sebab utama penderita kehilangan penglihatan, pada awal mula Degenerasi Makula seiring berjalannya waktu  seakan-akan tidak memiliki gejala sehingga kebanyakan orang tidak dapat menyadarinya. Kemudian ketika lama kelamaan semakin berkembang, pada retina yang kehilangan penglihatan dalat terlihat sangat besar pada penglihatan sentral, sementara pada penglihatan pada garis tepi tetap tidak bergerak.

Pengobatan

READ  Pencegahan dari infeksi cytomegalovirus

Penyakit Degenerasi Makula (age-related macular degeneration) bertujuan memberi maksimal pada kualitas penglihatan mata, serta dapat melakukan pemberian pencegahan guna penyakit tersebut  tidak dapat berlangsung lama dan parah. Pada tahap awal mulainya gejala, tidak dilakukan pengobatan apa pun. Penderita  disarankan untuk melakukan tes kesehatan mata melalui pemeriksaan rutin setiap tahunnya. Untuk memperlambat adanya kerusakan pada retina,  saran untuk penderita, antara lain: berhenti merokok, berolahraga secara rutin, menjaga berat badan ideal, konsumsi bayam, brokoli, dan kacang-kacangan, konsumsi daging sapi, susu, keju, yoghurt, dan roti gandum, kosumsi suplemen vitamin E, dan vitamin C. Apabila penyakit tersebut sudah dapat menemui tahap lanjut, dokter spesialin mata akan memberikan saran dengan pengobatan Degenerasi Makula yang menggunakan metode, berupa:

  1. Pemasangan lensa buatan, akan memberi kemudahan untuk melihat klise gambar lebih jelas sehingga mampu membedakan
  2. Pemberian suntikan obat anti anti-vascular endothelial growth factor, disuntikkan langsung ke bola mata guma membantu memperbaiki penglihatan serta mencegah terjadinya penglihatan kabur.
  3. Terapi laser, terapi dapat dilakukan guna mencegah penderita mempunyai penyakit Degenerasi Makula agar tidak kehilangan penglihatan yang akan berlangsung lama dapat mengalami kebutaan secara total. Apabila melalui beberapa cara penglihatan tersebut tidak memberikan dampak baik, penderita degenerasi makula akan disarankan dokter melakukan rehabilitasi penglihatan guna membantu penderita agar dapat beradaptasi dengan perubahan pada indera penglihatanya. Ada beberapa cara agar kondisi tersebut dapat memberikan dampak membaik, berupa: menggunakan kaca pembesar apabila melihat huruf kecil, membeli buku dengan tampilan angka yang lebih besar, mengubah tampilan layar alat elektronik menjadi lebih cerah dengan huruf yang lebih besar, menggunakan bantuan suara pada setiap alat elektronik yang digunakan, seperti komputer.
READ  Pengertian dan diagnosa degenerasi makula

 

Referensi :

alodokter.com

hellosehat.com

halodoc.com

 

Referensi gambar :

doktersehat.com